www.posindonesia.co.id dalam pandangan Interaksi Manusia dan Komputer


Sekali lagi buat postingan tentang review website (bukan niat sih… cuma ini tugas kuliah). Mata kuliah yang sangat menarik, g perlu banyak implementasi hanya perlu menuangkan imajinasi berdasarkan ilmu yang sudah di peroleh. Walau ilmu yang bisa di tangkep hanya sebesar biji salak (mungkin klo keseluruhan bisa sebesar bola udara:D), tapi tidak ada salahnya jika dicoba untuk merevies website yang sudah ada.

http://www.posindonesia.co.id adalah official website dari perusahaan BUMN yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang, yaitu POS Indonesia. Sebagaimana official website suatu instansi atau perusahaan, tentu akan banyak di kunjungi oleh pengguna POS. Mungkin sekedar ingin tahu atau melihat-lihat informasi yang ada di dalamnya.

  • Dari ukuran website sudah tidak up to date, kenapa? Karena website http://www.posindonesia.com masih menggunakan desain untuk monitor dengan resolusi 800 x 600 pixel, dimana pada saat ini, teknologi resolusi tersebut sudah mulai di tinggalkan oleh pengguna komputer. Dengan desain seperti itu, jika di buka pada rata-rata PC atau perangkat komputer lain pada saat ini, akan terlihat kecil dan serta banyak menyisakan white space pada layar.
  • Pada bagian menu utama, background menggunakan warna yang kurang kontras dengan teks yang ada di atasnya. Sehingga agak susah jika dibaca dari jarak yang tidak dekat.
  • Tidak konsisten, antara sidebar kanan dan sidebar kiri. Penggunakan font dan background berbeda.
  • Pada bagian pencarian terdapat ada dua menu di bawahnya, yaitu: “bantuan” dan “lacak banyak”. Penempatan menu bantuan disini tidak ada kesesuaiannya dengen pencarian yang ada pada pagian ini. Sehingga akan menimbulkan tanda tanya pada diri pengunjung.
  • Pada bagian menu di sidebar kiri, ketika menu di hover pada background, tidak bisa langsung meng-klik dari menu tersebut. Pengunjung di paksa untuk mengklik langsung ke area teks. Hal ini juga bisa dikatakan tidak konsisten, karena berbeda dengan menu yang di atas.
  • Pada halaman home, terdapat “Produk Pos” yang berisi link mengenai produk yang ada pada POS Indonesia. Jika pindah ke halaman lain, maka informasi ini akan hilang. Ini akan sedikit kurang informatif dan kurang membantu pengunjung untuk melihat produk-produk dari POS Indonesia. Mungkin akan lebih baik jika bagian ini diletakkan di bagian sebalah kanan, tepatnya di bawah menu pada sidebar kanan.  Sehingga bisa tetap terlihat walaupun masuk ke halaman manapun.
  • Pada bagian kanan, sidebar “Promosi”, menggunakan background yang sama dengan menu. Sehingga bisa di asumsikan sebagai menu juga oleh pengunjung.
  • Pada bagian sidebar “promosi”, content masih blank dengen kata lain tidak ada isinya, sehingga terlihat space yang agak mengganggu penglihatan.
  • Pada bagian “polling” di sidebar kanan, User dapat mengklik menu pilihan tanpa harus melilih pilihan yang ada. kemudian hasilnya akan di tampilkan pada halaman window yang berbeda. Hal ini dapat menyulitkan pengunjung untuk mengakses halaman lain dari webite ini.
  • Dari ukuran website sudah tidak up to date, kenapa? Karena website http://www.posindonesia.com masih menggunakan desain untuk monitor dengan resolusi 800 x 600 pixel, dimana pada saat ini, teknologi resolusi tersebut sudah mulai di tinggalkan oleh pengguna komputer. Dengan desain seperti itu, jika di buka pada rata-rata PC atau perangkat komputer lain pada saat ini, akan terlihat kecil dan serta banyak menyisakan white space pada layar.
  • Pada bagian menu utama, background menggunakan warna yang kurang kontras dengan teks yang ada di atasnya. Sehingga agak susah jika dibaca dari jarak yang tidak dekat.
  • Tidak konsisten, antara sidebar kanan dan sidebar kiri. Penggunakan font dan background berbeda.
  • Pada bagian pencarian terdapat ada dua menu di bawahnya, yaitu: “bantuan” dan “lacak banyak”. Penempatan menu bantuan disini tidak ada kesesuaiannya dengen pencarian yang ada pada pagian ini. Sehingga akan menimbulkan tanda tanya pada diri pengunjung.
  • Pada bagian menu di sidebar kiri, ketika menu di hover pada background, tidak bisa langsung meng-klik dari menu tersebut. Pengunjung di paksa untuk mengklik langsung ke area teks. Hal ini juga bisa dikatakan tidak konsisten, karena berbeda dengan menu yang di atas.
  • Pada halaman home, terdapat “Produk Pos” yang berisi link mengenai produk yang ada pada POS Indonesia. Jika pindah ke halaman lain, maka informasi ini akan hilang. Ini akan sedikit kurang informatif dan kurang membantu pengunjung untuk melihat produk-produk dari POS Indonesia. Mungkin akan lebih baik jika bagian ini diletakkan di bagian sebalah kanan, tepatnya di bawah menu pada sidebar kanan.  Sehingga bisa tetap terlihat walaupun masuk ke halaman manapun.
  • Pada bagian kanan, sidebar “Promosi”, menggunakan background yang sama dengan menu. Sehingga bisa di asumsikan sebagai menu juga oleh pengunjung.
  • Pada bagian sidebar “promosi”, content masih blank dengen kata lain tidak ada isinya, sehingga terlihat space yang agak mengganggu penglihatan.
  • Pada bagian “polling” di sidebar kanan, User dapat mengklik menu pilihan tanpa harus melilih pilihan yang ada. kemudian hasilnya akan di tampilkan pada halaman window yang berbeda. Hal ini dapat menyulitkan pengunjung untuk mengakses halaman lain dari webite ini.

  • Pada bagian lacak banya, untuk memasukkan 10 nomor pengiriman menggunakan textarea, hal ini kurang tepat, karena seharusnya tidak menggunakan textarea melainkan textbox.

  • Pada menu utama, ketika menu “Kantor POS” atau “Kode POS” di klik, maka akan muncul halaman pop up windows yang sebenarnya tidak perlu karena seharusnya tampin pada halaman website itu sendiri.

  • Pada menu tarif kiriman, terdapat submenu. Sebelumnya saya tidak mengetahui bahwa di dalam menu “Tarif Kiriman”, terdapat submenu. Ketika saya hover kursor baru muncul submenu. Ini kurang informatif, seharusnya di berikan tanda bahwa menu “Tarif kiriman” memiliki submenu, sehingga pengunjung langsung tahu apa yang harus dilakukannya.
  • Selain itu, menu “Tarif Kiriman” cukup untuk membuat saya emosi. Kenapa? Karena, ketika saya ingin mengklik submenu dibawahnya, submenu itu segera hilang setelah kursor meninggalkan (tidak hover) “Tarif Kiriman”.
  • Submenu pada “Tarif Kiriman” semuanya menggunakan pop up window untuk menampilkan isinya. Tapi ketika saya mengklik menu yang ada, muncul pesan sedang maintenance.

15 thoughts on “www.posindonesia.co.id dalam pandangan Interaksi Manusia dan Komputer

  1. jeddil 9 April 2011 pukul 08:45
  2. derwan dani 11 April 2011 pukul 08:17

    uda keren banget dur, ampe males gw bacanya😀, jangan lupa komentarin punya gw juga

    http://derwan.wordpress.com !!

  3. Lina 11 April 2011 pukul 08:25

    tanda tanya-nya kurang gede :p

  4. nhacanz 11 April 2011 pukul 08:43

    dikelompokin gan… menggerombol gt lieur saya uy baca na… hahahaaa…
    tapi baguss kook…😀

  5. febridanela 11 April 2011 pukul 08:50

    Dibagian menu samping ‘promosi’, kenapa whitespace gede banget yh. Jadi agak janggal waktu ngeliatnya. Seahrusnya kalaupun contentnya ga ada, hal tersebut bisa diminimalisir yah :p

  6. Betry Widyaningsih 11 April 2011 pukul 09:59

    Kerrreeeenn.. komplit banget pembahasan dura.. mentang-mentang udah belajar IMK ya.. he2..

  7. Rizky Kurniawa 11 April 2011 pukul 14:28

    Yupz…
    bener banget kata agan2 di atas ane…

    reviewnya dah mantebz…

    ^_^

  8. Wahyu Dwi Suryanto 11 April 2011 pukul 14:58

    Rizky Kurniawa :

    Yupz…
    bener banget kata agan2 di atas ane…

    reviewnya dah mantebz…

    ^_^

    komenter ente mantep banget, gan…:P

  9. swordianphoenix 11 April 2011 pukul 15:58

    Baca blog ini dah cukup membingungkan😀. Dibacgi-bagi dikit gitu Dur, biar ga terlalu membuat bingung.
    BTT, ternyata website Pos perlu perbaikan juga, ga hanya perusahaannya aja🙂

  10. aumnevergiveup 13 April 2011 pukul 05:07

    pertama liat, langsung penasaran sama white space yang lu tunjukin dur. kesimpulan gw pas liat webnya ya mungkin ini masih untuk komputer yang beresolusi 800×640 (resolusi standar beberapa tahun kebelakang ). Jadi sah-sah aja karena mungkin memang webnya belum diupdate untuk standar sekarang yang monitornya pake resolusi besar😀

    nice review dur. langsung point per point disebutin :p

  11. swordianphoenix 13 April 2011 pukul 09:31

    aumnevergiveup :
    pertama liat, langsung penasaran sama white space yang lu tunjukin dur. kesimpulan gw pas liat webnya ya mungkin ini masih untuk komputer yang beresolusi 800×640 (resolusi standar beberapa tahun kebelakang ). Jadi sah-sah aja karena mungkin memang webnya belum diupdate untuk standar sekarang yang monitornya pake resolusi besar
    nice review dur. langsung point per point disebutin :p

    Tapi sayang banget, untuk perusahaan BUMN kok bisa-bisanya mereka ga update webnya untuk standar jaman sekarang. Setidaknya ke resolusi 1024×768 juga ga masalah. Pasti dah banyak orang yang make. Resolusi 1360×768 untuk yang wide juga dah banyak yang make. Kalau begini terus, bisa-bisa orang malas lihat webnya terus malas make posny ~_~
    BTW, resolusi 800×640 itu bukan standar dunia, tapi kayaknya standar Lo Um,😛
    kabur ah😛

  12. zulaikhasitianisah 14 April 2011 pukul 00:57

    Boleh tanya gak ni, wahyu.,.,
    Itu review-nya pake Usability yang mana ya?? Anis dibuat bingung oleh penjabaran yang tertera di atas. Kalau bisa dikelompok-kelompokin, biar lebih “enakeun” bacanya.
    Itu semua button di halaman web udah terjamin ke-visible-annya blom, wahyu??
    Gw sempet penasaran sama ke-visible-an button yang ada, dan yang rada mengganggu itu nggak ada perbedaan warna antara suatu teks dan link di bagian header yang “English Version” sama “Peta Situs”. Mungkin itu sedikit tambahan dari gw.,.,
    Semoga bermanfaat

  13. Alita 16 April 2011 pukul 13:12

    button yg ada di setiap halaman, tidak ada yg membedakan…mungkin segitu ja comenya…mf ya dur…smg bermanfaat

  14. Tina 10 Oktober 2011 pukul 09:25

    ehehe, wokeh deh …

    Yuk kumpul2 dsni, http://askmisstrader.com/forum/index.html

  15. home 8 September 2012 pukul 04:04

    Link exchange is nothing else except it is just placing the other person’s blog link on your page at suitable place and other person will also do same in favor of you.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: