istanabayi.com dalam pandangan IMK


Pada kesempatan ini, saya ingin menuliskan evaluasi saya (sebenarnya tugas kuliah) terhadap salah satu situs e-commerce yang ada di Indonesia, yaitu istanabayi.com. Situs tersebut adalah salah satu situs e-commerce yang menjual berbagai perlengkapan bayi.

Sebelumnya, mungkin ada yang belum mengenal apa itu IMK atau Interaksi Manusia dan Komputer atau kalau dalam bahasa kerennya Human-Computer Interaction (HCI) adalah salah satu mata kuliah yang saya ambil di Departemen Ilmu Komputer FMIPA IPB yang membahas bagaimana interaksi antara komputer dengan penggunanya.

Disini saya akan coba mengevaluasi istanabayi.com dari sisi Browser, Evaluator, Transactor, dan Customer. Disini saya hanya coba mengevaluasi berdasarkan sudut pandang saya secara pribadi. Kalau ada puhak yang kurang berkenan atau kurang setuju terhadap evaluasi saya, mohon maaf dan mohon sarannya…:D

Oke… langsung saja kita lakukan evaluasinya, saya akan mengevaluasi secara terurut mulai dari BrowserEvaluatorTransactor, sampai Customer.

1. Browser

Browser adalah seorang pengunjung web atau situs yangn secara tidak sengaja masuk ke dalam website tersebut. Biasanya seorang browser tidak memiliki tujuan pasti saat mengunjungi suatu situs. Selain itu, biasanya seorang browser masuk ke suatu situs melalui bantuan mesin pencari (Search Engine) seperti google, yahoo, dan lain sebagainya.

Langsung saja, istanabayi.com sudah mempu memperkenalkan dirinya kepada pengunjung melalui nama situs, header, beberapa tulisan di halaman utama (home) dan gambar-gambar yang ada pada website.

Namun, sebagai salah satu situs e-commerce, istanabayi.com belum mampu menampilkan fasilitas atau fitur umum yang sifatnya mendasar sebagai situs e-commerce. Misalkan, bagaimana cara user belanja dan siapa itu istanabayi.com. Selain itu, pada halaman utama, sidebar kiri dan sidebar kanan terlalu panjang, sehingga content di tengah terlalu banyak white space atau ruang kosong.

Sidebar kiri:

  • Menu yang ada terlihat berantakan dan tidak ada grouping sehingga agak membuat pusing pengunjung. Mungkin akan lebih baik jika menggunakan menu bertingkat untuk grouping.
  • Daftar merk yang di tampilkan menggunakan combobox cukup merepotkan, karena harus meng-klik combobox dulu baru tampil daftar merk. Mungkin akan lebih memudahkan jika tidak menggunakan combobox.
  • Info terbaru yang diletakkan di sidebar, terlalu ke bawah dan kurang informatif karena letaknya yang agak ke bawah sehingga menyulitkan pengunjung untuk melihat. Mungkin akan lebih informatif jika info terbaru di tampilkan di tengah bersama daftar produk terbaru.
  • Cari produk, kurang tepat jika harus ada di bawah. Ini terkesan bahwa istanabayi.com menyulitkan pengunjung untuk melakukanpencarian. Mungkin akan lebih baik jika Cari produk diletakkan di sidebar kanan atas atau bersama header.
  • Informasi dan Hubungi Kami agak kurang tepat jika posisinya harus ada di paling bawah pada sidebar kiri. Sehingga akan membuat browser mencari-cari bagaimana cara menghubungi istanabayi.com. Mungkin jika letaknya di sidebar kanan atas akan lebih memudahkan pengunjung.

Sidebar kanan:

  • Iklan-iklan pada bagian sidebar kanan agak sedikit menghilangkan fungsi e-commarce dari istanabayi.com. Mungkin sebagian orang berangkapan kalau situs istanabayi.com itu merupakan situs untuk bertukar iklan atau tempat memasang iklan. Mungkin akan lebih baik jika iklan-iklan yang ada di letakkan di bagian bawah sidebar kiri atau sidebar kanan.
  • Spesial diskon agak kurang tepat jika diletakkan di bagian sidebar kanan. Mungkin akan lebih menarik jika diletakkan di tengah bersama info terbaru dan produk tebaru.
  • Untuk Testimoni, Mata Uang dan Statistik pengunjung saya rasa sudah tepat tapi posisinya mungkin akan lebih bagus jika lebih ke atas.

Bagian tengah:

  • Bagian ini terlalu banyak white space atau ruang kosong, sehingga terlihat agak kaku dan kurang menarik.
  • Penggunaan marquee juga terlihat kurang informatif karena berisi tentang informasi diskon, mungkin sebagaian pengunjung menganggap marquee tersebut tidak penting sehingga mengabaikan isinya. Mungkin akan lebih baik jika informasi diskon di tampilkan dalam bentuk yang berbeda atau animasi menggukan flash sehingga lebih menarik.

Selain itu penggunaan font, link dan warna juga kurang pas. Misal, pada bagian menu di sidebar kiri ukuran font-nya lebih kecil dari pada ukuran font yang tengah, sehingga terlihat tidak konsisten. Pada bagian tengah, bagian produk terbaru, pengunaan background pink agak kurang cocok dengan warna font putih diatasnya.

Secara keseluruhan, berdasarkan browser. Website istanabayi.com ini sangat buruk dan kurang menarik sebagai website e-commerce, sehingga meskipun istanabayi.com mampu memperkenalkan dirinya dengan baik, tapi tidak mampu mengajak pengunjung untuk berinteraksi lebih jauh pada situs tersebut karena tidak di dukung oleh antarmuka yang menarik.

2. Evaluator

Evaluator adalah orang yang yang melakukan analisa pada barang-barang yang dijual pada pada suatu situs e-commerce. Biasanya seorang evaluator melihat dari gambar dan detail dari produknya dan membandingkan dengan produk yang sama di situs yang berbeda.

Ketika saya memilih satu dari sekian banyak kategori yang ada di istanabayi.com, kemudian hasil yang ditampilkan berupa nama produk, harga, gambar (kecil dan kurang menggambarkan produk) dan tombol beli untuk memasukkan barang yang bersangkutan kedalam keranjang belanja. Tidak ada rating produk, sehingga seorang Evaluator saya tidak bisa menemukan dengan cepat produk mana yang paling bagus atau tervfavorit di kategori ini.

Pada halaman detail produk, informasi yang ditampilkan sangat sedikit, gambar yang disediakan tidak cukup untuk menggambarkan produk. Pada halaman ini juga terdapat link yang merujuk ke halaman lain (dengan detail yang lebih lengkap) yang menjual produk yang sama untuk melihat lebih detail dari roduk tersebut. Ini terkesan bahwa pengelola istanabayi.com malas untuk menampilkan detail dari produk yang ada.

Jika kita klik link yang ada, kita bisa tahu bahwa apa yang ada di detail produk yang ada di istanabayi.com sama persis dengan yang ada di link. Disini terkesan bahwa istanabayi.com hanya copy-paste dari web asal yang menjual produk tersebut.

Jadi, secara keseluruhan dari sisi evaluator website ini sangat tidak membantu pengunjung untuk bertaksaksi. Mungkin dengan rating bisa membatu pengunjung dalam menentukan produk yang banyak diminati. Dengan perbandingan dua produk mungkin bisa membatu pengunjung memutuskan 1 dari dua produk yang mirip atau serupa.

3. Transactor

Transactor adalah orang yang yang berkunjung kesuatu situs hanya untuk melakukan transaksi, sehingga suatu situs harus bisa memberikan memfasilitasi seorang Transactor untuk memulai dan menyelesaikan transaksi dengan mudah dan cepat.

Oke, kembali ke topik untuk mengevaluasi istanabayi.com dari sisi transactor.

Tidak adanya fasilatas “cara belanja”, bisa menimbulkan banyak asumsi dari para transactor.

Pertama, ketika seorang transactor sudah memutuskan untuk membeli suatu produk, pada halaman keranjang belanja menu yang ada juga kurang membantu transactor kenapa, karena tidak semua transactor itu berpengalaman. Bagaimana jika produk yang ingin dibeli batal itu batal di beli? Penggunaan checkbox sangat kurang tepat, karena harus menekan tombol update yang ada di bawah. Hal ini cukup menyulitkan jika harus banyak melakukan klik tombol.

Setelah menekan tombol “Belanja Selesai”, ternyata baru diketahui bahwa setiap ingin melakukan pembelian seorang transactor diharuskan melakukan pendaftara terlebih dahulu. Seharusnya pada situs semacam ini disediakan opsi apakah mempunyai account atau hanya ingin bertransaksi sekali saja mengingat tidak selamanya orang mempunyai bayi.

Pada tahap pembayaran ada 2 pilihan pembayaran, yaitu menggunakan paypal atau memakai transfer via bank (BCA dan MANDIRI), dan konfirmasi akan dilakukan via email.

Informasi mengenai konfirmasi yang yang harus dibayarkan atau yang harus di transfer masih harus menunggu konfirmasi dari istanabayi.com, dari beberapa sisi mungkin baik untuk keamanan. Tapi akan sangat menyebalkan jika konfirmasi itu lama.

Selain itu, informasi mengenai bank yang digunakan tidak diinformasikan sejak awal, baru setelah sampai ke tahap pembayaran baru diketahui bahwa pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan Mandiri atau BCA.

4. Costumer

Costumer adalah orang yang memiliki account pada salah satu situs e-commerce. Secara lebih spesifik, costumer adalah orang yang telah melakukan transaksi pada suatu situs e-commerce dan meliliki account untuk melakukan transaksi pada sites tersebut.

Pada istanabayi.com ketika melakukan signup akan ada pilihan untuk mendapatkan update produk terbaru, hal ini sangat baik karena iru merupakan opsi bukan sebuah keharusan yang bisa saja memberatkan costumer nantinya. Selain itu, adanya fasilitas penyimpanan produk yang di pesan pada saat kita keluar (signout) juga sangat membantu. Sehingga, walaupun pada saat ini saya tidak jadi membeli produknya tapi pada suatu saat jika saya ingin melanjutkan transaksi saya masih memiliki list produk yang dulu pernah saya pilih.

Pada sisi untung ruginya, Costumer hanya akan mendapatkan subscribe (jika opsi produk terbaru di checklist) apabila ada produk baru. Namun disini tidak diberikan adanya diskon khusus atau harga khusus bagi costumer.

Kesimpulannya adalah secara keseluruhan pada sisi Costumer, istanabayi.com cukup bagus untuk menangani seorang Costumer.

 

Demikian evaluasi yang bisa saya sampaikan mengenai istanabayi.com. Dengan ilmu seadanya, semoga ini bisa membantu para pembaca.

Untuk memilik atau pengelola situs, mohon maaf apabila ada kata atau hal yang kurang berkenan…:)

Tagged: , ,

2 thoughts on “istanabayi.com dalam pandangan IMK

  1. teen porn 19 Desember 2012 pukul 13:34

    Asking questions are really good thing if you are not understanding something entirely,
    but this post provides good understanding yet.

  2. online Store 21 Februari 2013 pukul 22:37

    It is not my first time to pay a quick visit this web site, i am visiting this website dailly and take good facts from here daily.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: