ALL ABOUT SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO)


1. Mengapa Perlu Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) adalah pengetahuan untuk merekayasa elemen-elemen website untuk mendapatkan rangking yang tinggi di mesin pencari. Pendek sekali, tapi memang hanya itulah esensi SEO. Ada sangat banyak elemen baik external maupun external yang mempengaruhi ranking website di mesin pencari dan karena itu patut menjadi perhatian kita. SEO yang baik adalah sesuatu yang sangat sulit, dan SEO yang hebat tidak akan pernah bisa kita capai.

Mengapa SEO menjadi sangat penting? Bayangkan anda berada di tengah kerumunan ribuan orang dan seseorang berusaha mencari anda. Bagaimana anda bisa ditemukan di tengah kerumunan orang yang sepintas semua nampak mirip satu sama lainnya. Bayangkan jika kemudian ada cara untuk memisahkan, semua pria memakai celana panjang dan semua wanita memakai rok. Sekarang orang yang mencari anda harus mencari diantara setengah dari kerumunan orang yang ada. Anda bisa terus menambahkan kriteria-kriteria lain untuk menyaring sehingga tinggal tersisa sekelompok kecil orang sehingga anda lebih mudah ditemukan.

Website kita bisa dianalogikan seperti situasi anda di tengah kerumunan tadi. Di tengah kerumunan jutaan website – diperkirakan saat ini ada lebih dari 100 juta website dan terus bertambah sekitar 1.5 juta setiap bulannya – bahkan di mata mesin pencari yang mengirim crawler-crawlernya untuk mendaftar website, website kita hampir tidak terlihat. Agar website kita mudah terlihat, bahkan oleh crawler sekalipun, sejumlah elemen tertentu harus nampak jelas. Seperti orang yang tingginya lebih dari 2 meter akan lebih mudah ditemukan diantara kerumunan ribuan orang. Inilah alasan mengapa kita memerlukan SEO, agar website kita mudah ditemukan.

Secara kebetulan, cepat atau lambat website kita akan ditemukan oleh mesin pencari, dan akan mendapat tempat, entah dengan urutan ranking nomor berapa, diantara ribuan, ratusan ribu, bahkan jutaan website lainnya. Tapi berada di halaman kesepuluh atau keseratus tidak ada bedanya dengan tidak terkihat sama sekali. Agar bisa ditemukan, website kita memerlukan ranking yang jauh lebih baik. Setidaknya berada di tiga halaman pertama hasil pencarian. Orang tidak akan mencari lebih jauh dari halaman ketiga, kebanyakang mungkin malah tidak akan sampai sejauh itu. Kenyataannya hanya website yang berada di halaman pertama sajalah yang mendapat cukup pengunjung yang kemudian membeli produk yang ditawarkan. Itulah sebetulnya tujuan akhir SEO, mengasilkan uang dari pembelian yang dilakukan oleh pengunjung website.

Untuk mendapatkan ranking yang tinggi, ditemukan oleh Crawler mesin pencari saja tidaklah cukup. Ada sejumlah kriteria tertentu yang harus dipenuhi agar website kita terdaftar dengan nilai lebih tinggi dari website-website lainnya. Beberapa kriteria yang diidentifikasi crawler mesin pencari diantaranya:

  • Anchor text (teks yang dipergunakan sebagai link menuju halaman / website lain.Popularitas website
  • Relevansi link
  • Kata kunci
  • Bahasa
  • Isi secara keseluruhan
  • Umur website

Secara umum, beberapa faktor memberikan pengaruh terhadap posisi website di mesin pencari, bahkan walaupun kita tidak memberikan perlakuan khusus. Tapi tanpa melakukan upaya yang semestinya, kita hanya membiarkan website kita mendapatkan hasil secara kebetulan saja. Kira-kira sama seperti membuka toko tanpa menempelkan merk dan produk yang kita jual. Anda akan mendapat beberapa pengunjung, tapi karena tidak ada yang mengenali keberadaan toko anda, yang datang berkunjung hanya orang yang kenal dengan anda secara pribadi, atau pejalan kaki yang penasaran.

2. Menyusun Rencana SEO

  1. Menentuka Prioritas

Prioritas tertinggi semestinya diberikan kepada halaman yang diharapkan akan menjadi yang paling banyak dikunjungi, misalnya homepage atau halaman dimana pengunjung diharapkan akan mengambil keputusan untuk membeli produk yang kita tawarkan. Lakukan sinergi dengan pola bisnis kita secara keseluruhan, sesuaikan penentuan prioritas ini dengan pola pemasaran bisnis kita. Alokasikanlah sebagian besar waktu, tenaga, dan (mungkin) dana pada halaman-halaman yang menjadi priorits.

  1. Analisa Website

Buatlah tabel untuk menganalisa masing-masing halaman. Teliti masing-masing elemen yang kita ketahui sebagai faktor yang menentukan keberhasilan suatu halaman website untuk mendapatkan ranking yang baik. Untuk masing-masing elemen dari setiap halaman, catat hasil pengamatan kita, tentukan apa yang perlu kita lakukan untuk menyempurnakan elemen tersebut, akan lebih baik jika kita juga menentukan deadline untuk diri sendiri, kapan penyempurnaan itu akan kita selesaikan. Karena SEO merupakan proses yang berkelanjutan, ada baiknya juga disertakan kolom untuk memberi tanda jika penyempurnaan telah selesai dilakukan, dan kolom untuk nanti menuliskan pengamatan kita tentang hasil penyempurnaan tersebut dan rencana tindak lanjutnya.

Elemen-elemen yang perlu menjadi perhatian diantaranya:

Tagging: Meta tag yang termasuk di dalam kode masing-masih halaman website merupakan elemen penting agar suatu halaman website dimasukkan ke dalam hasil pencarian sesuai dengan kata kunci yang kita harapkan. Tag yang sangat menentukan adalah TITLE dan META-DESCRIPTION.

Isi halaman: Seberapa baru? Seberapa dekat relevansinya (dengan kata kunci yang kita targetkan, dengan halaman-halaman lain di website kita, dan dengan halaman di website lain yang memiliki link ke dan dari website kita)? Seberapa sering di-update? Seberapa banyak isinya? Isi halaman merupakan faktor yang sangat penting. Ingat, mesin pencari menempatkan kepentingan “pencari” sebagai prioritas utama, dan yang diperlukan “pencari” adalah isi dari halaman web, baik itu informasi atau produk yang emreka butuhkan. Jika isi website anda jarang diperbaharui, mesin pencari akan mulai meninggalkan website kita dan memberikan nilai lebih baik kepada website yang isinya lebih sering diperbaharui. Memang ada kasus-kasus khusus dimana informasi tertentu merupakan informasi yang penting tapi kurang dinamis. Website yang mengandung informasi jenis ini mungkin akan tetap mendapatkan ranking yang baik meskipun isinya tidak pernah diperbaharui. Tapi ini benar-benar merupakan penegcualian, secara umum mesin pencari memberi nilai lebih baik untuk website yang isinya sering diperbaharui.

Link: Crawler (atau robot / spider) menganalisa link baik dari maupun ke suatu halaman website untuk diikuti dalam penjelajahannya mengumpulkan informasi mengenai website kita. Catatan perjalanan crawler akan dianalisa mesin pencari untuk menentukan hubungan antar halaman yang terhubung oleh suatu link. Link yang masuk harus datang dari halaman lain yang relevan, link yang keluar harus pergi menuju halaman lain yang relevan. Broken link (link yang halaman tujuannya tidak dapat ditemukan) memberikan pengaruh yang sangat buruk. Pastikan semua link bekerja dengan baik.

Sitemap: Sitemap membantu mempermudah crawler untuk menjelajahi seluruh isi website kita. Bedakan dari sitemap yang anda tujukan untuk mempermudah pengunjung menemukan halaman tertentu di dalam website anda. Sitemap yang ditujukan khusus untuk mesin pencari adalah dokumen berbasis XML yang ditempatkan pada direktori utama server kita yang memuat informasi untuk mesin pencari (URL, waktu update, relevansi, dsb.) Keberadaan sitemap XML akan membantu agar seluruh halaman, bahkan yang paling jauh dari homepage dapat terjelajahi oleh crawler mesin pencari. Pastikan bahwa sitemap XML anda selalu di-update.

3. Strategi SEO

SEO adalah pekerjaan berat. Diperlukan banyak waktu, tenaga, dan pikiran untuk mengoptimasi elemen-elemen yang tepat dengan tepat, sehingga mesin pencari bukan hanya menemukan, tetapi juga meng-indeks dan memberikan ranking yang tinggi pada daftar hasil pencarian terhadap kata kunci yang ditargetkan. Semua upaya ini perlu mendapat perhatian kita secara penuh dan terus-menerus, karena sampai saat ini tidak ada sistem yang dapat melakukannya untuk anda secara otomatis.

SEO adalah kumpulan strategi untuk memperbaiki tingkat dimana website ditempatkan denga ranking yang tinggi pada daftar hasil pencarian, ketika pengunjung melakukan pencarian di mesin pencari, dengan menggunakan kata kunci yang relevan. Itu kurang-lebih definisi SEO secara umum. SEO bukan pekerjaan yang bisa dilakukan kemudian selesai dalam sesaat, tetapi terdiri dari beberapa tahapan.

Keberhasilan SEO lebih terjamin jika kita berkonsentrasi dengan mengimplementasikan strategi satu persatu, dan tenpat yang tepat untuk memulainya adalah sejak website dirancang. Hal yang pertama menarik mesin pencari adalah design website. Tag, link, struktur navigasi, dan isi adalah beberapa elemen yang menarik perhatian crawler.

Satu pemahaman umum yang secara mutlak salah adalah bahwa SEO dilakukan setelah website jadi. Hal ini meskipun memungkinkan tetapi membawa tingkat kesulitan yang jauh lebih tinggi, bahkan pada banyak kasus sama sekali tidak bisa. Salah satu faktor yang sering menimbulkan konflik antara pemilik website dan ahli SEO adalah ketika ahli SEO meminta pemilik website untuk melakukan perubahan – yang sering sangat mendasar – pada websitenya terlebih dahulu.

4. White Hat SEO


White hat SEO bisa di artikan dalam bahasa indonesia adalah topi putih yang di mana para webmaster meyakini bahwa ini adalah tehnik paling aman dalam search engine optimization,white hat SEO bisa juga di kategorikan bahwa konten adalah raja dan web/blog tersebut berjalan pelan tapi pasti.White hat SEOadalah tehnik yang terbaik untuk suatu pemasaran walapun pesaing memang menjadi hambatan menerapkan White hat SEO ini bisa memuaskan para pengunjung juga pelanggan yang diharapkan karena apabila menerapkannya mau tidak mau pemilik web/blog harus menganggap konten adalah raja yang memberikan informasi yang tepat dan akurat.
Beberapa teknik yang mungkin berguna dalam White Hat SEO:

  • Informasi yang terarah

Membuat konten yang relevan dan menunjukan informasi yang relevan juga, maksudnya adalah apabila ingin memasarkan suatu produk maka pasarkanlah yang sportif tidak membuat kata kunci yang lain yang diselipkan di dalam konten sehingga pengunjungpun mengetahui maksud dan tujuan web/blog tersebut dengan produk yang diarahkan.

  • Menata web/blog dengan baik

White hat seo juga bisa di lakukan dengan menata Web/blog secara baik bisa dilakukan dengan pemilihan template yang SEO friendly dan mengatur CSS dengan merampingkannya sehingga daya muat menjadi cepat, perlu juga di perhatikan java scriptnya.Juga membagi halaman yang baik, dan adapun cara agar membuat loading blog menjadi lebih baik adalah dengan compress css.

  • Pemberian meta tag

Berikanlah meta tag karena ini sangat membantu terutama judul dan deskripsi yang perlu di perhatikan adalah robot dan judul yang tepat dibawah head juga charset yang di gunakan agar spider jelas membaca kode.Dalam pemberian meta tag bisa di lihat di artikel meta tag complete seo friendly.

  • Buat kata kunci(keyword) yang relevan

Untuk white hat seo tempatkan judul sebagai keyword dan juga deskripsi, ada baiknya di tempatkan di unsur berikut ini:

  • Judul
  • Meta Description
  • Kata kunci Meta
  • Pos Unsur h1-h6
  • Teks dengan ” “
  • Alt Tag yang bisa di optimalkan di dalam gambar
  • Title Tag
  • Link yang berisi kata kunci(keyword)

5. Black Hat SEO


Black Hat SEO diartikan sebagai suatu cara curang dalam memanuver segi Optimasi sebuah web blog agar bisa menduduki halaman pertama Searh Engine semisal google dan yahoo. Menurut informasi yang saya dapatkan dari hasil browsing kesana dan kemari, Black Hat SEO ini memang terbukti ampuh menjajaki halaman pertama search engine (yang secara tidak langsung dipaksa untuk bisa nangkring di sana tapi bukan secara natural dan optimasi pada biasanya).

Beberapa teknik yang biasa digunakan dalam Black Hat SEO:

  • Keyword Stuffing, Teknik ini dilakukan dengan cara menaruh banyak kata kunci (keyword) dalam suatu halaman web blog (artikel) agar bisa menarik simpati dari search engine untuk bisa mengindeknya, dengan kata lain keyword ini dimasukan ke dalam suatu (contoh) artikel, padahal antara artikel, judul dan keyword tidak ada yang relevan.
  • Cloaking (halaman web blog palsu), Teknik ini dilakukan untuk menipu search engine bot dengan cara membuat sebuah halaman serta isi konten yang palsu agar bisa menjaring pengunjung dengan cepat. Nah, perlu kita ketahui, saya contohkan ketika kita membuka suatu halaman web blog, maka yang kita buka itu adalah halaman yang sebenarnya tetapi ketika search engine yang mengunjunginya maka teknik cloaking yang berupa script ini akan memberikan halaman palsunya. (namun untuk cara cloaking ini saya kurang begitu memahami, karena saya sendiri tidak pernah menggunakan Black Hat SEO).
  • Invisible Keyword, Informasinya, teknik inilah yang paling banyak digunakan oleh para blogger, karena saya pikir memang cukup mudah, kita hanya perlu menaruh keyword yang banyak diantara kata-kata dalam suatu artikel (walaupun konten tidak relevan) lalu keyword tersebut di warnai sesuai dengan warna background web blog. Jadinya, keyword tersebut secara kasat mata tidak akan terlihat, tapi search engine bot tetap bisa melihatnya.

Akibat Black Hat SEO

Jika dari pengertian, tujuan dan teknik nya saja sudah melanggar aturan (TOS) search engine, maka akibatnya juga sudah bisa kita tebak. Walaupun dalam beberapa hari web blog bisa nangkrong di halaman pertama search engine, tapi setelah itu web blog tersebut akan di black list, lalu tidak akan diindeks lagi kemudian web blog akan masuk ke search engine sandbox dan bisa jadi akan di banned.

Secara umum teknik ini merupakan pelanggaran etika dalam mengoptimalkan sebuah web blog, karena orang awam pun tentunya tahu bahwa sesuatu hal yang tidak sama antara judul, konten dan keywordnya itu adalah sebuah penipuan.

Download: Doc || PDF

Sumber1, Sumber2, Sumber3, Sumber4, dan Sumber5

Tagged: , , , , , , , , , , ,

3 thoughts on “ALL ABOUT SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO)

  1. hadi 24 September 2011 pukul 01:55

    salam kenal mas,saya lagi nyari2 info seo nih.
    Eh ketemunya disini,makasih mas ini pelajaran yang sangat berharga bagi saya yang newbie.
    Dan tolong kasih saran dan kritik untuk membangun blog saya http://penulis-indonesia.blogspot.com terima kasih

  2. article-blogging 17 Oktober 2011 pukul 13:25

    mampir di sini mas bro
    kunjungi balik article-blogging

  3. iman 1 November 2011 pukul 16:18

    mantap trik seonya … thanks ya pak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: