Foursquare


Foursquare diciptakan oleh Dennis Crowley dan Naveen Selvadurai setelah perusahaan yang mereka dirikan, Dodgeball, dibeli oleh Google tahun 2004 tetapi kemudian Google memutuskan untuk menutupnya pada tahun 2009. Awalnya Foursquare hanya memiliki sedikit pengguna yang tersebar di 100 kota dimana layanan tersebut dapat diakses. Tetapi setelah mereka mengubah model pengenalan lokasi dengan memungkinkan orang bisa “cek-in” dari manapun di seluruh muka bumi, jumlah pemakainya melesat menjadi sekitar 500,000 hanya dalam satu tahun.

Sukses ini membuat banyak orang memperkirakan bahwa hoki Foursquare akan sama atau bahkan lebih baik dari Twitter. Dengan sukses Foursquare Google tentunya menyesali keputusannya menutup Dodcgeball, langkah yang memotivasi Crownley dan Selvadurai mendulang sukses diluar lingkaran perusahaan raksasa itu.

Apa itu Foursquare?

Meskipun respon pada saat diperkenalkan pada bulan Maret tahun lalu relatif rendah, Foursquare melejit menjadi salah satu media jaringan sosial paling populer karena dua fungsi utamanya (1) Foursquare memungkinkan pengguna untuk “cek-in” dan memberi tahu lokasinya  pada teman sesama pengguna secara otomatis (2) pengguna bisa mengikuti permainan seru bersama pengguna lainnya.

Secara teknis Foursquare bekerja hampir seperti Twitter tapi lebih berorientasi lokasi. Jadi jika dengan Twitter kita mempublikasikan segala macam hal yang ada di kepala kita, dengan Foursquare kita mempublikasikan lokasi kita. Meskipun demikian sepertinya fungsi permainannya menjadi daya tarik yang lebih kuat bagi kebanyakan pemakai.

Cara kerja

Setiap kali kita mengunjungi tempat-tempat tertentu seperti sekolah, gedung perkantoran, cafe, mall, dan sebagainya, pemakai bisa “cek-in” dengan menggunakan ponsel. Jika “cek-in” pada akhir pekan atau diluar jam kerja normal, pengguna akan mendapatkan point. Lokasi-lokasi tertentu memiliki tag dimana pengguna akan dihadiahi “badge” untuk setiap kunjungan jika dia sering “cek-in” di tempat tersebut. Logika mengenai badge ini agak sulit diprediksi. Ada badge yang terkait dengan tag yang diberikan pengguna pada tempat tertentu, badge yang diterima tergantung dari tag yang diberikan. Ada juga yang terkait dengan kota tertentu, tanggal tertentu, acara, dan sebagainya. Pemakai yang sering bermain game lebih sedikit mendapatkan badge.

Untuk memberikan motivasi berkompetisi, Foursquare memiliki tiga tingkat “superuser status” yang akan diperoleh jika kita sering melakukan “cek-in” dan mengupdate informasi. Pemegang “superuser status” berhak untuk melakukan beberapa hal. Misalnya untuk level 1 mempunyai hak untuk meng-edit informasi tempat, menandai tempat dengan tanda tutup, dan memberitahu Foursquare jika ada duplikasi tempat. Level 2 dapat menggabungkan tempat yang duplikasi dan menambahkan kategori pada tempat manapun. Level 3 dapat membuat nama lain dari suatu tempat tertentu dan menghapus listing spam. Pada dasarnya Foursquare memotivasi pengguna untuk turut serta memelihara Foursquare.

Statistik yang dipergunakan untuk memonitor aktivitas pengguna pemperkihatkan posisi kita diantara pengguna, tidak hanya teman-teman yang kita kenal tapi juga pengguna lain di lingkungan kita, misaknya satu kota. Supaya orang aktif terus dan memungkinkan pendatang baru untuk memperoleh dominasi, setiap Minggu malam statistik direset menjadi nol.

Kebanyakan yang ikut permainan berambisi untuk menjadi “Mayor” di lokasi favorit mereka. Untuk mendapatkan status tersebut pengguna haru sesering mungkin “cek-in” di tempat tersebut pada hari yang berbeda-beda. Yang paling sering dan memiliki foto profil akan mendapat status terhormat tersebut. Ada juga fasilitas untuk membuat “to-do list” yang berisi tempat-tempat yang ingin dikunjungi atau bahkan “dikuasai”. Sementara dengan fasilitas “Tips” pengguna bisa memasukan berbagai informasi mengenai tempat yang dikunjungi seperti hal-hal yang menarik, tempat makan yang enak, dan sebagainya.

Bulan Februari lalu Foursquare menjalin kemitraan dengan Zagat, Bravo, Conde Nast, dan The New York Times untuk memperkaya fasilitas “Tips” dan memberikan badge khusus di lokasi-lokasi yang pernah dipublikasikan media-media tersebut. Untuk saat ini Foursquare bisa berjalan pada platform Android, webOS, iPhone, Blackberry, dan Windows Mobile.

Sumber

Tagged: , , , , , , ,

One thought on “Foursquare

  1. games on online for free 8 November 2012 pukul 06:13

    We stumbled over here from a different page and thought
    I should check things out. I like what I see so i am just
    following you. Look forward to looking into your web page yet
    again.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: