Kesalahan Fatal Dalam Mengetik


Anda tentu tidak asing lagi kegiatan mengetik karena pastinya anda sudah sering melakukanya atau bahkan bisa setiap hari anda mengetik.
Namun apakah anda yakin kalau cara mengetik anda sudah benar???
Saya yakin kebanyakan dari kita belum tahu apakah cara mengetik kita sudah benar atau salah.

Karena sebenarnya banyak orang yang melakukan kesalahan yang sangat fatal dalam mengetik, namun mereka tidak sadar bahwa mereka telah melakukan hal yang salah yang berakibaat pada semakin lambatnya kegiatan mengetik dan mudah capeknya tangan saat mengetik, kesalahan ini tidak sadar telah mereka lakukan karena kebanyakan orang menganggap bahwa itu hanyalah hal sepele yang tidak berpengaruh pada kegiatan mengetik yang sedang dilakukan.
Namun sebenarnya kesalahan inilah yang membuat orang sangat kesusahan dalam mengetik.


Mengetik

Dan kesalahan yang sering dilakukan dalam mengetik yang sebenarnya sangat sepele yaitu :

1. Posisi Tubuh yang Salah

Banyak orang yang menganggap ini remeh dan tidak mempedulikannya yang mengakibatkan mengetik menjadi lambat dan gampang lelah.

posisi tubuh

Perbaikilah posisi duduk yang salah ini.
Kuncinya yaitu apabila dari awal posisi duduk anda sudah benar maka pada saat sedang mengetikpun anda sudah dalam posisi duduk yang benar.

2. Posisi Tangan dan Jari yang Seenaknya.

Ini yang paling banyak terjadi karena jari-jari tidak memiliki tugas tertentu untuk hanya menekan satu tombol. Bahkan mungkin hanya 2 jari yang dipergunakan untuk menekan semua tombol yang ada atau biasa disebut mengetik dengan 11 jari yaitu hanya dengan menggunakan 2 jari telunjuk. Keyboard tidak didesign untuk itu tetapi yang terbaik adalah 10 jari untuk semua tombol walau kadang ada yang menyebut 8 jari karena ibu jari tidak dipergunakan.

10 Jari3. Memulai Mengetik Tanpa Acuan

Mengetik tanpa acuan akan berakibat menyulitkan kita dalam melanjutkan ke langkah yang selanjutnya.

4. Menekan Tombol Terlalu Keras

Menekan tombol terlalu keras berakibat kita lebih gampang lelah dan merusak keyboard padahal apabila kita menekan tombol dengan perlahan hasilnya akan sama dengan menekan secara keras.

5. Menghapus Kata Bukan Memperbaiki Kata

Hal ini juga sering dilakukan dalam mengetik, kebanyakan orang memilih menghapus semua huruf dalam sebuah kata apabila ada satu huruf yang salah. Bukankah lebih mudah apabila kita arahkan mouse ke kata itu lalu kita edit.

6. Tidak Menggunakan Keunggulan Aplikasi

Saat ini sudah banyak bermunculan aplikasi pengolah kata.

Misalkan saja yang paling popular adalah MS Word yang sebenarnya dalam aplikasi tersebut banyak terdapat fasilitas yang dapat kita gunakan untuk mempermudah mengetik.

Misalnya apabila kita ingin menulis huruf besar setelah tanda titik, kita tidak usah menggunakan tombol Shift atau Caps Lock, cukup memberikan spasi setelah tanda titik maka huruf awal pada kata itu otomatis akan menjadi besar.

Apabila anda menggunakan fasilitas-fasilitas yang tersedia secara maksimal maka pekerjaan pasti akan lebih cepat.

7. Memperbaiki Kesalahan Dalam Mengetik

Saat menyadari ada kesalahan pada saat mengetik jangan langsung diperbaiki karena itu akan banyak memakan waktu, akan lebih baik selesaikan dulu sampai akhir. Lalu setelah selesai perbaiki kata-kata yang salah dari awal sampai akhir.

Jadi jika anda merasa melakukan kesalahan di atas, maka segeralah perbaiki kesalahan itu maka kegiatan mengetik anda akan lebih nyaman.

Untuk itu tunggu post selanjutnya yang membahas tentang cara untuk mengatasi kesalahan-kesalahan dalam mengetik yang sudah saya ungkapkan di atas.

sumber: Disini

Tagged: , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: