Bagaimana cara kerja Antivirus palsu menipu penguna computer


Bagaimana teknik si antivirus palsu menyebar di internet. Trik yang digunakan cukup sederhana.

Benar apa yang dikatakan oleh peneliti keamanan software. Bahwa banyak penjahat internet mengunakan layanan bawah tanah. Seperti situs pencari Crack software, jaringan Peer to Peer – Torrent sampai situs internet yang membagikan file lagu atau video. Sebagian dari mereka mulai bersembuyi dibelakang situs tersebut.

Langkah pertama yang dilakukan oleh pembuat software antivirus palsu adalah membuat kejutan dengan munculnya antivirus yang tidak pernah anda install langsung pada layar monitor.

Salah satunya nuncul pada software browser di layar monitor, contoh pada 2 gambar dibawah ini. Tampil seperti software antivirus biasa yang bekerja, tetapi terlihat sangat cepat melakukan scaning seakan sedang memeriksa computer. Dalam hitungan detik muncul peringatan palsu bahwa computer sudah terinfeksi oleh virus.

Lucunya tampilan scanning antivirus palsu muncul pada halaman browser seperti Firefox. Dan meniru tampilan dari Explorer Windows. Agak lucu juga, sebuah software scanning antivirus bisa tampil mirip Explorer.

Tampilan detail seperti gambar dibawah ini

Software antivirus palsu melaporkan ada 5 virus didalam computer. Bahkan menambahkan logo Windows Security dan nama 3 folder serta menyatakan adanya virus pada computer.

Setelah beberapa detik kemunculan proses tipuan yang seakan sedang melakukan scanning virus. Lalu berakhir dengan munculnya Pop Up (gambar bawah) dengan pesan peringatan.

Lihat saja Theme yang digunakan, mengunakan standar default dari Windows XP. Padahal setting Theme yang digunakan adalah Theme Original dengan bar berwarna abu abu. Sedangkan tampilan si Antivirus palsu mengunakan default Theme Windows yang berwarna biru.

Jangan kaget dan panik melihat tampilan layar seperti dibawah ini. Ini hanya untuk menakuti si korban yang kebetulan terkena jebakan si peringatan antivirus palsu.

Bila diteruskan. Setelah beberapa saat ada satu jebakan lagi akan muncul dengan sebuah peringatan yang menyatakan “Computer anda beresiko terserang Malware”. Pemiliki computer di minta meng-click icon “OK”

Setelah proses “OK”, akan muncul sebuah tampilan software yang perlu di download seperti gambar dibawah ini.

Setelah proses Download ada yang aneh. Konyolnya dari software Antivirus palsu ternyata berukuran 142KB saja.

Begitulah salah satu teknik penjahat di Internet menyebarkan peringatan palsu dengan mengatakan computer anda sudah terinfeksi virus. Apa yang perlu dilakukan bila mendapat tampilan seperti diatas :

  • Bila mendapatkan peringatan seperti diatas. Tidak perlu panik lalu mencoba mengikuti langkah jebakan dari tampilan si antivirus palsu. Close saja browser anda.
  • Ingat kembali situs yang baru anda masuki dan perkirakan apakah anda secara tidak sengaja terbawa / diarahkan ke situs aneh. Misalnya situs download file, crack software atau situs warez dan sebagainya. Dan hindari untuk kembali ke situs tersebut.
  • Bila terlanjur muncul peringatan, jangan pernah mencoba mendownload file yang diminta. Karena akan merepotkan anda untuk membersihkan.
  • Bila perlu shutdown dan nyalakan kembali computer anda, bila anda merasa kurang mengerti dengan serangan yang baru anda alami.

Bila anda mentaati langkah diatas, diharapkan computer masih tetap aman dan tidak terjebak oleh penipuan oleh penjahat internet

Keterangan diatas hanyalah sebagian teknik yang digunakan oleh penjahat internet. Akan banyak lagi tipuan dan cara yang mereka lakukan. Mengingat disinilah cara untuk mendapatkan uang.

Sumber: Disini

Tagged: , , , , , , ,

3 thoughts on “Bagaimana cara kerja Antivirus palsu menipu penguna computer

  1. Caracepat cari uang diinternet 20 Mei 2010 pukul 06:26

    Tanks atas infonya,.jd bsa digunakan nti kalau terkena itu,.

  2. aris 3 Juni 2010 pukul 21:34

    bagi kamu2 yang suka dengan design grafis, silahkan kunjungi http://abdoelcharies.blogspot.com/ ada berbagai software desing grafis, office, antivirus, dan juga windows 7, semoga bermanfaat…

  3. deddy 5 Juli 2010 pukul 02:51

    Saya pernah menemui masalah di atas, dan saya sudah curiga sebelumnya karena mereka minta kita untuk membeli activation key.
    Setiap pc restart pasti muncul kembali peringatan tersebut dan mengganggu kinerja komputer, karena window ini selalu muncul setiap kali habis di close.

    Akhirnya saya cari foldernya di program files sesuai dengan nama antivirus gadungan itu, lalu saya hapus isi folder tsbut, kalo belum berhasil, ganti nama file extension dalam folder tsb sehingga tidak bisa berjalan saat start up. restart pc, lalu hapus folder yang sudah kita ganti nama tadi beserta isinya.

    semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: