Cerdas Memilih Sebuah PC


Bagi kebanyakan orang, membeli komputer baru bisa menjadi sebuah pengalaman yang melelahkan. Biasanya anda bertanya kapada teman yang dianggap ahlinya, untuk mendapatkan masukan lalu mencari informasi dari rubrik serta iklan komputer di koran atau majalah, belum selesai disini anda masih akan diberikan berbagai informasi lainnya dari penjual di toko yang Anda kunjungi.

Memang ada baiknya untuk mengetahui berbagai informasi sebanyak mungkin, namun terkadang informasi yang Anda peroleh dari orang lain masih belum mencukupi untuk menjawab tujuan utama anda dalam membeli komputer, padahal yang akan menggunakan komputer tersebut adalah Anda sendiri. Bukan teman, wartawan surat kabar yang adan baca, atau pegawai toko, tetapi Anda sendiri.

Memang kelihatannya sederhana, tapi Anda akan terkejut bahwa masih banyak orang yang tidak mengetahui apa tujuan dari membeli komputer, berikut tips berupa aturan yang perlu diperhatikan sebelum anda membeli komputer

Pertama : Untuk keperluan apa?

Aturan Pertama yang harus Anda perhatikan adalah apa yang akan Anda lakukan dengan komputer Anda. Mengapa Anda memerlukan sebuah komputer. Apakah Anda sering membuat konten multimedia atau penggemar fanatik games? Apakah komputer tersebut akan didiamkan berhari-hari? Apakah Anda memerlukan desktop atau laptop saja? Bagaimanakah kebiasaan Anda bekerja dan mengisi waktu luang? Seberapa seringkah teman dan keluarga Anda atau orang-orang yang paling sering Anda hubungi memakai komputer mereka?

Tentunya hanya Anda yang bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Jika anda sudah tahu jawaban dari aturan pertama tersebut, Anda bisa mengikuti ke aturan berikutnya.

Kedua : Kinerja seperti apa yang Anda perlukan dari komputer tersebut?

Central Processing Unit (CPU) adalah pusat dari seluruh sistem komputasi. Dikenal sebagai “otak” dari sebuah komputer, CPU adalah hal terpenting yang menentukan kinerja sebuah komputer. Apabila Anda ingin membeli komputer baru, sangatlah penting untuk memahami fungsi sebuah CPU. Juga dikenal sebagai prosesor, CPU lah yang menangani dan melakukan hampir seluruh perintah dari hardware dan software komputer.

Ketika Anda memasuki toko komputer, ada banyak hal lain yang akan dipromosikan. Seperti misalnya Gigs atau RAM, atau kartu grafis, maupun penyimpanan data (storage).Ada banyak komponen lain yang mungkin menarik perhatian Anda. Akan tetapi, selalu jadikan prosesor sebagai pertimbangan pertama, karena itulah ‘otak’ PC Anda.

Kebanyakan orang menggunakan komputer untuk melakukan beberapa kegiatan sekaligus, membaca e-mail sambil mendengarkan musik online dan browsing Internet secara bersamaan. Karenanya, komputer harus bisa “berpikir” dengan cepat untuk mengikuti kebiasaan orang-orang yang suka mengerjakan beberapa hal sekaligus. Komputer-komputer modern memiliki beberapa core (“otak”) yang dapat memproses beberapa kegiatan sekaligus. Oleh karena itu, prosesor yang lebih baru dan lebih cepat biasanya memiliki kekuatan komputasi tambahan yang membuat pembelian PC Anda menjadi sebuah investasi yang bijak.

Sayangnya, seringkali konsumen pada saat membeli komputer juga “mengupgrade” beberapa komponenn komputernya, tetapi hanya mendapatkan peningkatan kinerja komputer yg kecil.

Ketiga : Apa saja kekeliruan yang sering terjadi?

Sebagian orang membeli ekstra Memory, hard drive tambahan dan bahkan baterai ekstra, sedangkan sebenarnya yang mereka butuhkan adalah membeli prosesor terbaik pada saat pembelian untuk mendapatkan kinerja lebih baik, dan di saat yang bersamaan mengurangi pengeluaran dengan tidak membeli komponen tambahan yang tidak diperlukan.

RAM adalah memori untuk menyimpan data sementara pada sebuah PC. Untuk pengguna PC pada umumnya, RAM sebesar 2GB adalah sudah mencukupi untuk keperluan sehari-hari. Anda dapat menggunakan hampir semua software, memainkan game 3D, mengedit video, browsing Internet, memainkan iTunes, menulis dokumen dan mengirim e-mail – di saat bersamaan.

Menambahkan/upgrade RAM dari 2GB menjadi 4GB sering kali hanya menghasilkan peningkatan kinerja yang sedikit, dibandingkan menggunakan RAM sebesar 2GB dan mengupgrade prosesor dengan tingkat yang lebih tinggi, yang akan memberikan kinerja yang jauh lebih baik.

Anda mungkin akan mendapatkan masukan dari teman yang dianggap “ahli” mengenai “clock speed“, yaitu kecepatan sebuah prosesor dalam menyelesaikan sebuah tugas. Kecepatan tersebut memiliki satuan Gigahertz (GHz), dulu semakin tinggi angka itu berarti semakin cepat kinerja prosesor tersebut.

Tapi kini tidak lagi.

Kemajuan teknologi prosesor beberapa tahun terakhir telah memungkinkan CPU untuk memiliki kinerja lebih tinggi tanpa memerlukan clock speed yang lebih cepat. Beberapa prosesor Intel mendapatkan kekuatan ekstra pada saat dibutuhkan dengan Teknologi Turbo Boost. Turbo Boost tersebut tidak aktif saat tidak dibutuhkan, untuk menghemat konsumsi pemakaian listrik, tapi akan menyala secara otomatis ketika diperlukan dan membantu CPU untuk beroperasi lebih cepat dari clock speed-nya.

Perlu juga untuk diingat bahwa membandingkan ”clock-speed“ hanya dapat dilakukan antara prosesor-prosesor dari merek yang sama. Karena jumlah core – unit prosesor di dalam setiap CPU – mungkin berbeda, dimana juga teknologi dan cara CPU tersebut dibuat dari masing-masing merk adalah sangat berbeda, oleh karena itu, membandingkan clock speed antara CPU dari merek berbeda tidak dapat memberikan informasi yang berarti bagi Anda.

Kebanyakan chip papan atas/High End memiliki dua (dual core) atau empat (quad core) core. Namun demikian, membandingkan jumlah core dalam prosesor dari produsen yang berbeda juga sangat sulit. Semakin banyak core tidak selalu berarti memberikan kinerja yang lebih baik. Misalnya, satu prosesor dual core Intel dalam CPU anda memiliki kinerja sampai 37% lebih tinggi dibanding CPU quad core merk lainnya. Jika diterjemahkan dalam istilah komputasi, ini berarti Anda dapat mengonversi 25 lagu menjadi MP3 dalam waktu 5 menit, atau mengubah ukuran lebih dari 42 foto dalam waktu satu menit.

Keempat : Kartu Grafis, Tergabung atau terpisah?

Hal lainnya yang patut anda dipertimbangkan adalah Kartu Grafis ketika membeli PC. Saat bermain game, menonton video, atau memasang film Blu Ray, para konsumen sekarang mulai memikirkan kualitas grafis PC mereka. Anda mempunyai pilihan antara chip grafis yang terintegrasi dalam CPU atau chip grafis yang terpisah.

Kekeliruan yang sering terjadi adalah pembelian komputer dengan menggunakan kartu grafis papan atas terpisah yang mahal, yang digandengkan dengan prosesor papan bawah/low end, Sayangnya kombinasi tersebut hanya akan sedikit meningkatkan kinerja pada tampilan grafis.

Untuk menonton video online dan piringan Blu Ray, atau pun browsing website multimedia seperti Facebook, anda tidak memerlukan komputer yang menggunakan kartu grafis terpisah yang mahal. Chip grafis yang terintegrasi dalam komputer-komputer baru saat ini telah dirancang untuk melakukan tugas tersebut, dan bila Anda ingin meningkatkan kinerja komputer anda pada aplikasi penggunaan komputer seperti disebutkan sebelumnya, akan lebih baik jika Anda meng-upgrade prosesor Anda dengan menggunakan salah satu CPU berteknologi Core Intel, yang akan meningkatkan kualitas grafis sesuai keinginan Anda, sekaligus meningkatkan kinerja aspek-aspek lain dalam komputer Anda.

Jika anda hardcore game 3D, menggunakan komputer untuk aplikasi arsitektur atau ilmu teknik, atau membuat desain grafis yang rumit, atau mengedit video secara profesional, maka membeli kartu grafis terpisah yang mahal belum tentu memberikan keuntungan kinerja grafis 3D secara sempurna seperti yang Anda harapkan, apabila tidak dipasangkan dengan upgrade CPU yang sesuai.

Perlu diingat bahwa setiap aplikasi komputer dijalankan oleh CPU. Keuntungan yang didapat dari memindahkan proses ke dalam sistem kartu grafis terpisah, hanya terbatas pada beberapa fitur dari beberapa aplikasi PC yang berhubungan dengan tampilan grafis saja

Kecepatan memproses adalah prioritas pengguna komputer pada umumnya, dan kinerja yang lebih baik bisa didapatkan dengan meng-upgrade CPU.

Jadi, yang mana yang harus dibeli?

Membeli sebuah PC adalah sebuah keputusan besar. Walaupun Anda mungkin menghabiskan uang lebih banyak untuk membeli sebuah rumah atau mobil, sekarang PC sudah menjadi salah satu bagian paling penting di rumah Anda, baik untuk berkomunikasi maupun hiburan. Pembelian sebuah PC harus dipikirkan baik-baik dan didasarkan atas aktifitas yang akan Anda kerjakan, begitu juga kinerja yang Anda butuhkan. Hal paling utama dalam menentukan kinerja yang tepat adalah dengan memilih CPU, ‘otak’ PC, yang tepat.

Maka dari itu, jangan memusingkan soal upgrade atau komponen tambahan yang tidak diperlukan. Cukup pastikan bahwa Anda telah memilih CPU yang tepat, maka Anda akan mendapatkan kinerja PC yang sempurna.

Sumber: Disini

Tagged: , , , , , , ,

2 thoughts on “Cerdas Memilih Sebuah PC

  1. devo avidianto p 3 Maret 2010 pukul 19:22

    http://devoav1997.webnode.com/
    thanks ya infonya , salam kenal😀🙂

  2. sqa indonesia 6 Maret 2010 pukul 21:24

    betul yang pertama adalah “untuk keperluan apa?”😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: