Realita Kehidupan PKL


LOGO CDA IPB

LOGO CDA IPB

2 Bulan yang lalu, tapatnya tanggal 24 Maret 2009 aku mulai menjalani hari-hariku (Praktik Kerja Lapangan) sebagai mahasiswa tinggkat akhir di sebuah instansi di kampusku, Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni Institut Pertanian Bogor (DPKHA-IPB). Awal mulanya aku tidak begitu yakin akan mampu menjalani kehidupan yang selama ini tidak pernah aku jalani. Ruangan ber-AC, staf yang selalu duduk di depan komputer, sesekali mengangkat telepon dari mitra kerja, sponsor, dan fakultas. Sungguh aktivitas yang langka bagiku.
Hari pertama aku jalani dengan penuh ketegangan, kaku, tidak ada topik untuk membuka pembicaraan, garing, g jelas, dan pokoknya itu bukan aku yang sebenarnya. Hari itu aku bagai orang yang tak mempunyai ilmu dan pengetahuan. Tidak tahu harus apa dan bagaimana. . .
Hari kedua, aku mulai merasakan suasana yang berbeda, aku mulai merasa aku mengenal orang-orang yang ada di ruanganku itu. walau masih kaku, tapi aku sudah tidak canggung lagi. . .
Mbak Sarah, Mbak Tary, Mbak Dewi, Lyong, Fitrong, Mas Rusnadi, Mas Wahyu, Mas Firman, dan Mas Hendra. . .! Merekan selalu membuka topik pembicaraan yang membuat aku mulai sedikit pulih dari keadaan yang membuat tak berdaya. . .
Staff DPKHA IPB

Staff DPKHA IPB


Hari demi hari berlalu. . .
Aku mulai akrab dengan mereka satu persatu. . . Mulai bercanda, bersenda gurau, saling ejek bahkan tertawa bersama. . . Aku mulai menemukan keluarga baruku. . .Di tambah lagi Pembimbing Lapangan yang begitu supel, Bapak Iin Solihin, S.Pi., M.Si. . .

Aku begitu beruntung mendapatkan kesempakan PKL di tempat ini.

Saat salah satu staf (Mbak Sarah) sedang cuti hamil, kekeluargaan itu semakin terasa ketika kita (seluruh staf dan direktur, termasuk Aku ma Nuki: “Teman satu jurusanku di Manajemen Informatika Diploma IPB”) menjenguk Mbak Sarah di Rumas Sakit Hermina (RS Ibu dan Anak). Aku merasa menjadi bagian dari mereka. . .

Hari semakin berlalu, begitu juga keakraban diantara kita (Aku, Nuki, dan staf di kantor). Mulai curhat, saling bercerita pengalaman pribadi, main ke rumah staf rame-rame. pokoknya seru dah. . .

tak terasa sudah 40 hari kerja aku di kantor. . .
tanggal 22 Mei 2009 aku harus mempresentasikan website yang aku kembangkan. tak ku sanggka, ternyata presentasinya berlangsung lama. Aku saja menahabiskan weaktu 2.5 Jam dari pukul 15.30 sampai 18.00. Kemudian intirahat salat magrib. Lanjut lagi sampai jam 20.00 untuk Nuki. Selesai itu, aku, Nuki, dan staf yang lainnya di traktir Seafood (makanan Favoritku). wow. . .! Semakin terasa kebersamaannya kala itu. Makan Seafood rame-rame bahkan Direkturnya pun ikut makan di meja yang sama. Sungguh kekeluargaan yang luar biasa. . .!
Aku seakan tak mau mengakhiri PKL ini. hari itu adalah hari terakhirku di kantor. . .! Sedih juga sich. . .tapi itu adalah sebuah proses. . .

Hari ini, Kamis, tanggal 28 Mei 2009, aku kembali lagi ke kantor. Bukan untuk PKL tapi memenuhi janjiku untuk membawakan mereka (staf) kue. . .! Tak banyak yang bisa aku ungkapkan . . .
Hanya kata terima Kasih telah mengisi hari-hariku di tempat PKL. . .
Mbak Dewi, Mbak Sarah, Mbak Tary, Lyong, Fitrong, Mas Wahyu, Mas Hendra, Mas Firman, Mas tukemi (Rusnady, maaf klewat. . .) dan segenap pimpinan DPKHA IPB, Terima Kasih atas waktunya, atas kesempatannya, dan atas segalanya . . .

Tagged: , ,

One thought on “Realita Kehidupan PKL

  1. lie Young Sarangheo 29 Mei 2009 pukul 09:15

    magaduuullll…I miss U..
    eh, btw..btw… nich..c tukemi g di sebutin nich namanya…hayo loch…dia tersonggeng..eh, salah tersinggung…🙂.

    don’t forget me…yauw…
    Cayo magaduulll…

Tinggalkan Balasan

