Blogger itu ngapain sich. . .?


Siapa dan apa yang dilakukan blogger Indonesia? Pertanyaan itu hendak dijawab dalam sebuah survei bertajuk ‘Survei Blogger Indonesia 2009’.

Survei itu dilakukan oleh IndoPacific Edelman, perusahaan konsultan komunikasi di Indonesia, bekerjasama dengan Blogfam, komunitas blogger di Indonesia. Hasil survei tersebut dipaparkan dalam acara bulanan komunitas Fresh! yang digelar di Es Teler 77, Jakarta Selatan, Selasa (19/5/2009) malam.

Berikut adalah beberapa hasil survei tersebut.

1. Hampir dari setengah blogger Indonesia berasal dari Jakarta

Survei ini dilakukan dari bulan Oktober 2008 – Februari 2009. Survei ini diikuti lebih dari 200 blogger. Rata-rata blogger yang berpartisipasi tinggal di Jakarta (45%) dan selebihnya tersebar di berbagai kota di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Papua.

2. Para blogger Indonesia termasuk pengguna aktif social media

Berdasar data survei ini, sebanyak 61% sudah melakukan aktifitas blogging selama 1-2 tahun. Selain itu, para blogger Indonesia termasuk pengguna aktif social media. Rata-rata blogger memiliki lebih dari 3 akun di berbagai situs jejaring sosial. Situs jejaring sosial yang banyak digunakan adalah Friendster (85%), Facebook (76%), dan Multiply (60%).

3. 78 % blogger, ngeblog karena hobi

Sedangkan topik yang sering mereka bahas mulai dari hobi (78%), kehidupan pribadi (67%), hal terkait pekerjaan (39%), opini pribadi tentang hal-hal aktual (23%), hingga ulasan (review) produk atau program (6%).

4. Beda blogger pria dan wanita

Untuk blogger laki-laki, topik yang sering mereka muat (posting) dalam blog-nya adalah teknologi (44%) dan sosial/humaniora (35%), sementara kalangan perempuan lebih sering memuat topik hiburan (41%) dan perjalanan (31%).

5. Topik pribadi jarang dicari

Ketika mereka mencari informasi lewat blog, topik yang umumnya mereka cari berkaitan dengan teknologi (43%), sosial/humaniora (37%), perjalanan (34%), hiburan (31%) dan yang justru paling jarang adalah masalah pribadi (7%). Blogger laki-laki cenderung tertarik pada topik teknologi (57%) dan sosial (41%) sedangkan blogger perempuan lebih meminati topik perjalanan/traveling (46%) dan kuliner (34%).

6. Alasan aktif dalam blog

Menurut Vida Parady, Head Of Research Pacific Edelman, pada umumnya alasan mereka aktif dalam blog adalah untuk berbagi pengalaman (65%),
mengutarakan pendapat (54%), menyalurkan hobi menulis (53%) hingga mendapat pemasukan dari iklan di blog mereka (8%). Jumlah waktu yang dihabiskan oleh blogger untuk melakukan aktifitas blogging yaitu 1 hingga 5 jam per minggu (55%).

2 thoughts on “Blogger itu ngapain sich. . .?

  1. engeldvh 19 Juni 2009 pukul 15:41

    Wah……
    Bener tuh, kebanyakan blogger emang dari jakarta🙂
    http://engeldvh.wordpress.com

  2. http://www.seoforsocialmedia.net/ 9 April 2013 pukul 08:21

    You’re so cool! I don’t suppose I’ve read through anything like that before. So nice to find another person with genuine thoughts on this topic. Really.. thanks for starting this up. This web site is one thing that is needed on the web, someone with a bit of originality!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: