Website dan PKL


Satu bulan sudah aku menjali kehidupan yang tidak seperti biasanya. . .
Setiap hari (Senin sampai Jumat), aku harus rajin mandi pagi, tidak boleh tidur setelah salat subuh. kemudian sarapan wlo ala kadarnya (biasa kehidupan anak kost), kemudian pakai baju yang rapih layaknya pekerja kantoran dan berangkat ke kantor tempak PKL ku.

awalnya memang tidak begitu banyak pekerjaan yang harus aku lakukan. hari-hari pertama aku lalui dengan merakit komputer, instalasi komputer di kantor, ngajarin karyawan HTML dan Java Script. sesekali analisis masalah yang ada di kantor.

Setelah menganalisis permasalahan yang ada, aku berencana mengembangkan Sistem Informasi Keanggotaan di Kantor. aku mulai menganalisa kebutuhan dan arus serta alur kerja dari sistem yang lama. setelah menganalisis dan merencanakan kebutuhannya. aku mulai mendesain rancangan antarmuka yang akan digunakan. tiga hari berselang, aku meghadap atasan untuk mendiskusikan sistem tersebur. Setelah melalui diskusi ringan, akhirnya di dapat hasil bahwa aku harus megembangkan sistem tersebut berbasis client server. aku pun menganalsa dan mendesain rancangan antarmukanya. aku sudah menginstal Visual Studio Professional 2008 di Laptopku. ketika aku sibuk menganalisa tampilan dan basisdata, datanglah Mbak Sarah (staff di DPKHA IPB), “wahyu, kata Pak Dodik, nanti kamu buat kayak website yang bisa mengambil koisioner dari Alumni IPB, nanti alumni sendiri yang ngisi. gmn?”.
“ehm . . . .” aku tarik nafas panjang. . . .
“gtu ya mbak. . .?”

aku milai berpikir. . . berpikir . . . dan berpikir . . .

Dua hari kemudian, aku diminta untu mempresentasikan hasil analisis yang akan aku kembangkan. . .

Presetasi pun dilakukan. . .
dan hasilnya. . .

1. Aku harus membuat sekaligus mengemembangkan website yang udah ada.
2. dalam website tersebut, aku harus membuat Sistem Informasi keanggotan (anggota dan calon anggota bisa daftar online)
3. dalam website itu juga, aku harus sistem informasi untuk menginputan online data alumni yang di input sendiri oleh alumni ntersebut.
4. bisa dwi bahasa (Bahasa Indonesia dan English)

dalam 2 minggu aku kembangkan website tersebut . . .

kemarin, hari Senin tanggal 20 April 2009. aku kembali diminta untuk mempresentasikan 50% hasil pekerjaanku selama 2 minggu. presentasi pun di mulai. setelah memakan waktu hampir 2 jam, maka aku bisa menarik kesimpulan.
1. aku harus merubah desain
2. aku harus membuat pengolahan data alumni yang di input oleh alumni berupa file pdf da file excel.
3. aku harus bisa menganalisa dan membandingkan beberapa kategori mulai dari pekerjaan, penghasilan, lulusan per fakultas dan departemen, dan lain sebagainya. . .
4. aku harus membuat daftar alumni yang bisa dimanipulasi oleh alumni itu sendiri, dan jika alumni tersebut login, maka hanya data alumni tersebut yang bisa muncul. . .

5. begitu juga untuk yang keanggotaan. . .

Cape dah. . .

tp harus SEMANGAT. . .
wajib SEMANGAT
g boleh LEMOT
g boleh MENGELUH
ini adalah awal dari sebuah perjalanan. . .

HIDUP MAHASISWA. . . . .

Tagged: ,

2 thoughts on “Website dan PKL

  1. miftax 21 April 2009 pukul 11:59

    waduhHHH lagi sbuk nc….????

    emg PKL dmn yach…..???? emg kaya’ gitu orng PKL…nmnya jug bljar bkerja…..Q juga ntar lagi PKL….Q ktrima PKL di PLASA TELKOM LUMAJANG

    tpi msih lama yach…..bln july

  2. Wahyu Dwi Suryanto 21 April 2009 pukul 13:16

    PKL di IPB. bikin website+sistem informasinya.

    bagi informasi tentang IT dung. .
    salam kenal yach

Tinggalkan Balasan

